EVALUASI CAPAIAN SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS KABUPATEN BEKASI

Bekasi, Jaya Pos News
Sustainable Delevolpment Goals (SDGs) merupakan kesepakatan pembangunan global untuk melaksanakan pembangunan yang berkelanjutan dalam rangka mewujudkan pemerataan pembangunan yang berkeadilan. Sejalan dengan hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Bekasi telah berupaya turut serta mewujudkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan di wilayah Kabupaten Bekasi melalui berbagai intervensi program dan kegiatan pembangunan agar selaras dengan capaian target 17 tujuan dalam kerangka SDGs.

Berdasarkan hasil evaluasi capaian SDGs Kabupaten Bekasi Tahun 2019 yang dilaksanakan pada hari Jumat, 11 September 2020, menurut Prof. Dr. Zuzy Anna, M.Si selaku Direktur SDGs Centre Universitas Padjajaran mengungkapkan bahwa “pencapaian SDGs Kabupaten Bekasi dari Tahun 2015 hingga Tahun 2019 mengalami peningkatan secara konsisten. Indeks capaian SDGs Kabupaten Bekasi pada tahun 2015 sebesar 3,14 , dan pada tahun 2019 mengalami peningkatan menjadi sebesar 3,28. Angka tersebut berada diatas rata-rata Provinsi Jawa Barat sebesar 3,08 dan merupakan yang tertinggi untuk tingkat Kabupaten/Kota di Jawa Barat”

Kepala Bappeda Kabupaten Bekasi Drs. Dedy Supriyadi, MM mengungkapkan bahwa hal ini menjadi komitmen pemerintah Kabupaten Bekasi dalam mendukung pencapaian SDGs ditingkat local yang diharapkan dapat memberikan pengaruh yang cukup besar ditingkat provinsi dan nasional. Selain itu, pemerintah daerah juga terus berupaya dalam perencanaan pembangunan tidak hanya berorientasi pada pertumbuhan ekonomi semata, juga mendukung pembangunan berkelanjutan dalam rangka memenuhi kesejahteraan dan keadilan bagi masyarakat.

Kegiatan tersebut juga melakukan evaluasi dampak Covid-19 terhadap pencapaian SDGs pada tahun berjalan. Drs Dedy Supriyadi, M.Si mengatakan bahwa covid-19 tentu memberikan pengaruh dalam pencapaian SDGs, hal tersebut dipengaruhi oleh kebijakan refocussing terhadap berbagai program dan kegiatan termasuk didalamnya yang berkaitan dengan target capaian SDGs, juga oleh pelaksanaan program dan kegiatan yang tidak dimungkinkan ditengah kondisi pandemic covid-19 saat ini.

Dalam upaya meningkatkan capaian SDGs ditahun 2020 ini, Pemerintah Kabupaten Bekasi tetap berupaya merealisasikan berbagai program dan kegiatan dalam mendukung tujuan SDGs melalui pengalokasikan anggaran pada Perubahan APBD 2020, sehingga diharapkan target capaian SDGs ditahun 2020 tetap dapat terpenuhi.(Dewi)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *